16 TIPS UNTUK MENGENALI JIKA ANDA TELAH MEMILIKI BOS YANG BAIK

Didalam dunia pekerjaan, tentu ada beberapa karakter bos yang baik dan bos yang buruk. Namun menurut survey, mayoritas para pekerja mendapatkan karakter bos yang buruk. Salah satu survey menunjukkan jika sekitar 77% karyawan menderita stress di beberapa titik dikarenakan mereka mendapatkan karakter bos yang buruk.

Lalu, tiba-tiba saya merasa jikalau saya perlu untuk menulis artikel ini dengan harapan bahwa para pekerja dapat mengenali tanda-tanda karakter bos yang baik. Dan inilah 16 tips mengenali jika anda telah memiliki bos yang baik, diantaranya adalah :

1. Bos yang baik akan selalu meyakinkan anda

Bos akan mengambil poin ini untuk memberikan dorongan dan stimulasi kepada anda agar anda dapat melakukan hal yang lebih baik. Mereka percaya dengan melakukan poin ini, karyawan dapat memberikan hasil yang mengesankan. Setelah anda yakin telah berada di jalur yang benar, maka anda dapat mencapai prestasi tertinggi di sebuah perusahaan.

2. Bos yang baik tidak melakukan manajemen mikro

“Rekrut yang terbaik, mengelola lebih sedikit”, – Warren Buffet.

Jika bos anda mengabaikan kutipan di atas, maka kemungkinan besar ia tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari karyawannya. Reaksi karyawan didalam manajemen mikro adalah menurunnya tingkat motivasi dan perasaan mereka, karena mereka tidak pernah diijinkan untuk bekerja sesuai dengan pola mereka sendiri.

Bos yang seperti ini merasa dirinya selalu tahu yang terbaik dan tidak mau mempercayakan sepenuhnya kerjaan kepada karyawan.

3. Bos yang baik akan menghargai keterampilan anda

Seorang bos besar selalu akrab dengan orang-orang yang memiliki bakat dan keterampilan yang baik. Ini merupakan aset besar dan harus dilakukan. Dia akan mendedikasikan satu waktu untuk mencari tahu tentang apa yang paling anda sukai di tempat kerja, ambisi anda dan dimana akan anda tuju.

Bos yang baik akan menghargai keterampilan anda sehingga jabatan anda bisa dipromosikan ke tingkat yang lebih baik. Anda merasa bahwa anda tahu dimana anda akan melangkah, begitu juga dengan bos anda.

4. Bos yang baik tidak akan sembarang menyalahkan anda

Terkadang, bos yang memiliki kriteria yang buruk akan melakukan segala cara untuk menyalahkan karyawannya, terutama ketika mereka telah mengambil keputusan yang salah. Sebaliknya, bos yang memiliki kriteria yang baik akan mengakui kesalahan dan terbuka untuk menganalisis kegagalan dan memetik pelajaran yang bisa dipelajari. Dia adalah panutan yang besar bagi para karyawannya dan hal ini akan memberikan rasa segan.

5. Bos yang baik akan bersifat ramah dan mudah untuk didekati

Kita semua tentu pernah memiliki bos yang mempunyai kriteria buruk, belum lagi bos yang suka marah-marah dan bersifat otokratis. Jika bos anda ramah dan mudah untuk didekati, hal ini berarti bagus karena akan membantu anda untuk mendiskusikan setiap masalah atau bagaimana caranya untuk memecahkan masalah tertentu yang membelenggu anda.

6. Bos yang baik akan dapat berkomunikasi secara efektif kepada anda

Anda tahu persis apa yang harus anda lakukan dan kapan waktu yang tepat untuk memulainya. Bos anda telah menjelaskan semuanya kepada anda dan hal ini akan memberikan batas waktu yang jauh lebih mudah. Masalah akan selalu muncul ketika bos yang memiliki kriteria buruk selalu tidak mau memulai komunikasi.

7. Bos yang baik tidak mengadakan ‘meeting’ yang tak beguna

Coba tebak, hal apa yang dapat membuat para karyawan merasa jengkel didalam dunia pekerjaan? Ya, saya yakin anda dapat menebaknya dengan benar, para karyawan tidak menyukai ‘meeting’ yang tidak berguna. Para karyawan merasa bahwa ‘meeting’ merupakan sebuah acara untuk bertukar pikiran dan melaporkan kemajuan perusahaan.

Disini mereka harus selalu bahu-membahu menanamkan pikiran, dan bukannya menghalangi produktifitas. Bos yang baik tahu akan hal itu dan langsung mempraktekkannya.

8. Bos anda selalu berfokus kepada kemenangan kecil

Para karyawan akan selalu diberikan motivasi oleh bos ketika mereka berhasil menorehkan kemenangan kecil atau melangkah untuk maju meraih sebuah tujuan yang besar. Seorang bos yang baik tidak segan untuk mengucapkan kata ‘terima kasih’ kepada para pekerjanya melewati e-mail atau panggilan telepon. Ia turut bekerja sepenuh waktu dan kerap memberikan motivasi kepada para karyawannya.

9. Bos anda adalah pendengar yang aktif

Banyak bos yang membuat kesalahan dengan berbicara terlalu banyak dan menahan kontribusi staffnya. Akhirnya karyawannya harus duduk diam dengan muka cemberut. Seorang bos yang baik akan membela sikap ketika dia tahu sedang berada di posisi benar, tetapi ia juga akan mendengarkan saran ketika dia melakukan kesalahan.

10. Bos anda tidak mengetahui segala hal

“Sangat mudah untuk menjadi orang suci di atas gunung”, – W.Somerset Maugham

Tidak mengklaim jumlah pengetahuan merupakan sebuah atribut besar karena itu adalah sifat dasar seseorang, sang psikolog James Meacham menggambarkan hal tersebut sebagai ‘sikap kebijaksanaan”. Bos yang baik akan menyadari bahwa terdapat keseimbangan yang ideal antara mengetahui dan meragukan. Hal ini tercermin ketika mereka melakukan konsultasi kepada para karyawannya dan mendorong mereka untuk menawarkan ide-ide inovatif.

11. Bos yang baik tidak segan untuk turun tangan

Pada umumnya ketika seorang bos telah naik ke tingkat eksekutif, mereka tidak akan pernah mau mengotori tangannya dengan mengerjakan tugas-tugas berat dan kasar. Tetapi seorang bos yang baik, tahu apa yang sebenarnya telah terjadi dan siap untuk melakukan pekerjaan berat dan kasar bahkan yang paling membosankan sekalipun.

Ini merupakan cara terbaik agar tetap berhubungan dengan realitas di tempat kerja dan juga merupakan cara yang bagus untuk mengikat tali hubungan dengan para karyawannya.

12. Bos anda siap untuk menjadi seorang pelatih

Beberapa bos tidak ingin mengotorkan tangannya untuk menjadi seorang pelatih dan menunjukkan bagaimana caranya melakukan pekerjaan tertentu. Mereka merasa bahwa karyawan harus belajar sendiri. Namun rahasia manajemen yang bijaksana adalah bos yang baik tahu kapan harus masuk, mengajar dan membantu karyawannya.

13. Bos yang baik selalu memberikan umpan balik

Para karyawan menginginkan umpan balik dari atasannya untuk mengetahui apakah mereka telah berhasil atau tidak dalam menyelesaikan sesuatu. Saat bos memberikan umpan balik, saat itulah para karyawannya merasa dihargai.

14. Bos yang baik selalu menciptakan suasana yang membangun

Jika anda sudah menjadi bagian dari tim dan tahu namanya rasa hormat, integritas, dan kepercayaan yang terdapat didalam latihan maka bisa dipastikan anda telah memiliki bos yang baik. Bos akan menjadi kekuatan pendorong dalam menciptakan suasana ini yang akan menyebabkan lahirnya semangat tinggi dan motivasi yang lebih besar.

15. Bos anda fleksibel

Karena bos anda mempunyai kepentingan pribadi didalam kehidupan pekerjaannya, dia akan jauh lebih bersedia untuk membuat pengaturan kerja yang lebih fleksibel ketika urusan keluarganya membutuhkan lebih banyak perhatian. Disini anda secara alami akan merasa lebih dihargai dan lebih berkomitmen.

16. Bos yang baik tidak khawatir tentang pemberdayaan

Beberapa bos kerap menghindari pemberdayaan karena mereka merasa bahwa para pekerja bisa mulai menjalankan seluruh perusahaan. Bos selalu merasa curiga sehingga selalu mengontrol karyawannya. Tetapi bos yang baik tahu bahwa dengan memotivasi karyawan untuk membuat perubahan dapat meningkatkan pelayanan, produksi dan keuangan. Hal itu akan menjadi situasi saling menguntungkan untuk semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *